FORMAT PENULISAN ESSAY YANG BAIK DAN BENAR

FORMAT PENULISAN ESSAY YANG BAIK DAN BENAR

karena ada alasan kenapa saya memposting dengan tema tersebut. alasanya yaitu karena saya ingin mengikuti sebuah organisasi yang ada di kampus saya.
  1. Logika penalaran pribadi
  1. Teori-teori yang ada
  1. Secara empiris melalui penelitian, yang relevan dengan masalah yang kita bahas. Dalam bagian ini kita memerlukan contoh-contoh, logika, teori, hasil penelitian yang masuk akal dan relevan dengan pernyataan-pernyataan yang tegas. Lebih baik lagi seandainya kita menyisipkan teknik kontra argumentasi dalam setiap pernyataan-pernyataan yang kita buat sehingga esay kita menjadi sulit untuk di serang. dalam hal ini juga kita mengumpulkan banyak bacaan dari topik yang di bahasdengan tentunya harus mencantumkan referensi-referensi. Hindari plagiarisme. seandainya kita tidak bisa mendapatkan contoh-contoh dari teori, media, internet atau sumber-sumber yang lain, masukan contoh-contoh dari pengalaman pribadi atau contoh praktis.


Demikian itulah format penulisan essay yang insyaallah baik dan benar.
yaitu sebuah organisasi tentang penelitian. syarat pertama mengikuti organisasi tersebut harus membuat sebuah essay dengan tema yang sudah di tentukan.
karena menurut saya organisasi ini yang paling menarik perhatian saya di banding dengan organisasi lain yang ada di kampus. OK, tidak usah terlalu basa basi kita langsung saja ke topiknya.

struktur sebuah esay terdiri dari 3 bagian yaitu:

1. Abstraksi (5% dari total essay)
    Adalah pembukaan, yang berfungsi sebagai pengantar ke topik yang akan di bahas. Biasanya berisi definisi, etimologi, penjelasan asal-usul, istilah-istilah tekis yang digunakan, tujuan penulisan, dan sebagainya. Pada laporan ataupun jurnal yang lebih panjang, abstraksi biasanya berisi review kasar mengenai apa isi dari laporan tersebut, yang fungsinya memberi bayangan kepada pembaca mengenai apa yang akan si pembaca baca.

2. Isi/Pembahasan (85%-90% dari total essay)
    isi adalah badan dari sebuah essay atau bagian utama dari sebuah essay ynag di tunjukan untuk mengungkapkan bukti-bukti dalam bentuk:

3.Penutup (5%-10% dari total essay)
   Penutup berfungsi untuk menutup topik ynag sudah di buka di abstraksi, dan dibahas di dalam isi. terdiri dari perbandingan isi, bila isinya mendiskusikan dua hal untuk di bandingkan, dan kesimpulan mengenai keseluruhan isi. 
sekilas kesimpulan isi mirip dengan apa yang dibahas dalam abstraksi, ada perbedaan diantara keduanya. 
Abstraksi, memberikan pandangan sekilas kepada si pembaca mengenai apa yang akan dia temui di dalam isi.
Sementara Kesimpulan menyimpulkan dan merangkum apa yang di bahas dalam isi. Misal, di dalam isi di angkat mengenai suatu permasalahan, dan kesimpulan menyimpulkan apa penyeselaian terbaik untuk permasalahan tersebut.

4. Referensi
    Referensi bukanlah bagian dari badan essay, Namun referensi adalah elemen terpenting dalam suatu essay. Apa yang kita bicarakan di dalam isi, harus mempunyai dasar pegangan, referensi  menjadi semacam pembuktian mengenai apa yang kita tulis di dalam essay tersebut. Misal "Dari mana kalian tahu kalau Aconite mempunyai 250 spesies berbeda?", di referensi kita cantumkan dari mana sumber informasi kita. Dengan begitu, semua yang kita kemukakan dalam isi memiliki dasar yang kuat, bukan sekedar asal bicara.

mohon sumbang saranya yang dapat membangun kelangsungan blog ini. terimakasih.
salam sukses ! !

2 komentar:

  1. Terimaksih artikelnya sangat membantu. Tapi lebih bagus lagi kalau ada contoh dari essai itu sendiri

    BalasHapus
  2. Numpang tanga, apakah tulisan essai dan opini itu sama atau berbeda?

    BalasHapus