UNIT-UNIT PROSES INDUSTRI KIMIA

Semua bahan dari zat kimia postingan sebelumnya akan diproses dalam suatu rangkaian yang terbagi dalam unit-unit proses, yang memiliki peranan sendiri-sendiri.
Berikut unit-unit prosesnya. unit proses terbagi menadi 3 unit yaitu:
  1. Unit Persiapan Bahan
  2. Unit Pengolahan
  3. Unit Finishing
     Unit 1 : Persiapan Bahan Baku
Unit ini memastikan bahwa apakah bahan baku yang akan digunakan dalam proses sudah memenuhi standar, sehingga akan menghasilkan produk bermutu. unit ini akan memastikan Bentuk, Fase bahan yang akan digunakan, kondisi, komposisi, dan penampungan bahan.
sejumlah tahapan secara fisik pada unit ini antara lain: Penyeragaman atau pengecilan ukuran, penyaringan, pemurnian. dan lain-lain.

     Unit 2: Pengolahan
Bahan yang telah siap di unit persiapan kemudian di bawa ke bagian unit pengolahan untuk dibuat bahan yang diinginkan.
proses sintesa ( pengolahan bahan baku) dilakukan dalam suatu reaktor. Umumnya dilengkapi dengan alat-alat lain untuk mencapai kondisi operasi (T, P, c) yang di inginkan.



unit operasi pada industri teknik kimia

Contoh: Pengolahan gula

Batang tebu yang sudah lolos seleksi produksi ( tidak busuk, batang besar, dan dengan ukuran tertentu) kemudian di press untuk dikeluarkan sari niranya (air gula). Dari cairan ini, bisa di olah menjadi berbagai macam produk, seperti gula, spirtus, akohol. dan lain-lain.
Unit 3: Finishing
Merupakan tahap penyempurnaan produk. penyortiran atau pemilihan karakter suatu produk yang sesuai dengans tandar menjadi target utama dari unit ini. Finishing yang dilakukan dapat berupa: 
  • Penyesuaian fase
  • penyempurnaan bentuk produk
  • kesesuaian kondisi, komposisi, dan penyimpanan
Penyortiran produk yang cacat dan tidak layak jual, juga menjadi bagian unit ini, memerlukan seorang Quality Control (QC). 


Disamping 3 Unit di atas, industri juga perlu  untuk mendukung sarana dan prasarana yang akan digunakak oleh unit-unit di atas dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

Unit Utilitas mencakup:
  • Bahan bakar
  • Listrik
  • Penyedia air ( air proses, air konsumsi, steam)
  • dan Utilitas yang lain

Utilitas pada industri kimia


















Demikian itu adalah unit-unit proses yang ada dalam industri kimia. mohon sumban saranya yang membangun untuk kelangsungan blog ini.
Terima kasih sudah bekunjung. silahkan datang kembali, dan baca artikel menarik lainnya.
salam.

Maff sebelumnya bagi kalian yang butuh doc mungkin buat laporan dll blog ini ga bisa copas tetapi bisa di download materinya silahkan kunjungi link berikut disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar