MENGENAL PROSES INDUSTRI KIMIA

PROSES INDUSTRI KIMIA

industri adalah suatu kelompok usaha kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk serupa atau sejenis dalam bidangnya. Produk yang di hasilkan dalam industri dapat berupa bareng atau jasa yang ditawarkan guna kepentingan masyarakat umum atau khusus.
dalam suatu industri, dapat memproduksi bermacam-macam barang tergantung dari kelompok utama industri.


Industri Kimia Proses
    Merupakan industri yang mengolah bahan baku di dalamnya dengan serangkaian tahapan proses kimia sehingga menjadi produk yang secara ekonomis menguntungkan. proses yang terlibat dalam mindustri ini dapat berupa reaksi kimia maupun reaksi kimia fisik.
contohnya adalah:
  • Pabrik ethylene. yang dibuat melalui serangkaian proses kimia. reaksi kimia itu sendiri seperti reaksi reduksi, oksidasi, dll.
  • Pabrik gula pasir. salah satu contoh yang menggunakan reaksi kimia fisik. reaksi kimia fisik itu sendiri seperti: terjadi perubahan fasa, pemisahan campuran, dll 
Bahan Baku
adalah bahan yang digunakan oleh industri, baik industri tanpa menggunakan proses kimia maupun industri yang memanfaatkan reaksi kimia.
ciri bahan baku yang berasal dari sumber daya alam:
  • Renewable (bisa di perbaharui)
  • non-Renewable (Tidak bisa di perbaharui)
Contoh industri yang menggunakan bahan baku dari alam antara lain:
# Industri Budidaya
   Industri ini mengolah sumber daya alam yang dapat terbarukan, meliputi peternakan, perikanan, kehutanan perkebunan, dll. contohnya: industri kelapa sawit, minyak ikan, biji karet dan sebagainya.


# Industri Ekstraktif
   Industri ekstraktif biasanya memanfaatkan teknologi untuk memevahkan atau megolah sumber daya alam yang tidak terbarukan, seperti industri pertambangan, logam, batu bara, minyak bumi, dan lain-lain.


# Industri Fabrikasi
   Industri fabrikasi termasuk di dalamnya industri manufaktur yang mengolah bahan baku menjadi produk, dimana dalam prosesnya melibatkan cara fisik atau bengkel. seperti pengolahan serat kapas menjadi kain. 


# Industri Konstruksi
   Industri ini memanfaatkan produk dari indistri lain. seperti pembuatan ruangan, bangunan yang nantinya akan dimanfaatkan guna kepentingan publik.


# Industri Jasa
   Industri ini memanfaatkan semua produk hasil industri di atas untuk digunakan sebagai konsumsi publik. yang tergolong industri ini misalnya perbankan, transportasi, pendidikan, dan lain-lain.


Demikian pengenalan mengenai proses industri kimia, insyaallah akan saya posting lagi mengenai teknik kimia. baca juga artikel-artikel menarik lainya. mohon komentar dan sarannya yang dapat membangun kelangsungan blog ini.
Terima Kasih. Salam mahasiswa Teknik Kimia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar