KP (KERJA PRAKTEK) DI PERTAMINA CILACAP EPISODE 2

CARI TEMEN YANG PUNYA TEMEN/SODARA ORANG PERTAMINA

Gue mau lanjutin cerita gue sebelumnya tentang ngurus surat KP PERTAMINA Cilacap, dan buat lu yang ga pengin baca cerita gue panjang lebar bisa langsung ke intinya saja, kontak gue sekarang juga nanti kalo gue bales berarti gue ada kuota internet, tapi kalo gue ga bales berarti gue lagi pulang kampung karena di kampung ga ada sinyal, dan kalo gue di kota tapi engga bales berarti gue lagi galo, tapi kalo di kampung gue cepet bales berarti gue lagi butuh teman curhat terutama wanita.. gue bela-belain deh buat cari sinyal panjat genteng rumah buat bales chat lu (cewe).. hahaha


ok gue lanjut cerita lagi.. jadi hari sebelumnya gue udah tanya-tanya sama temen gue namanya nun tentang bagaimana caranya ngurus surat kp di perkuliahan sebelum di kirim ke perusahaan.
awal semester 5 bagi angkatan gue pasti udah mulai pada ngomongin KP,
"eh lu KP dimana??'
"eh lu udah dapet temen KP apa belum??"
"eh lu KP semester berapa??"
"eh lu ko kepo!!" anjay
peranyaan-pertanyaan itu udah pasti di jurusan gue semester 5, tapi gue ga tau buat jurusan lain karena gue ga pernah ngurusi jurusan lain.  dan mungkin di jurusan kalian juga begitu.

Beberapa hari kemudian gue kepikiran buat minta tolong sama temen gue si nun yang gue udah ceritain sebelumnya, karena pamanya direktur pertamina gue berpikir coba deketin dia lagi dan minta tolong supaya bisa bantu gue di terima KP di PERTAMINA. Tapi gue mah orangnya engga enakan jadi itu hanya berpikir engga ada tindakan, gue mau bilang ga enak banget dan mau chat minta tolong juga ga enak. karena gue tau dia juga ga terlalu deket sama pamannya, jadi pada akhrinya gue ga minta tolong sama dia karena gue serius ga enak banget.

Gue coba tanya-tanya kayak pertanyaan-pertanyaan di atas sama temen-temen gue yang seangkatan, ada yang KP di pupuk, chandra asri, semen, dll. Tapi kebanyakan gue tanya jawabnya pertamina, dan kebanyakan lagi jawabnya engga tau!
Kebanyakan temen-temen gue KP cari yang deket sama rumah, paling tidak ya satu pulau lah, di pertamina dumai, pertamina balongan, chandra asri, dan lain-lain.

Jujur gue panik banget karena gue bener-bener ga ada orang dalem sama sekali di pabrik-pabrik besar begituan, cuma ada paman gue di pabrik tekstil dan gue ga minat di tekstil meskipun konsentrasi di teknik kimia gue ada teknik tekstil. jujur gue masuk teknik kimia udah niat banget dari sma kelas 2, karena gue tujuan utamanya ya ini.. kerja sama kp di pertamina cilacap yang deket sama rumah gue, sekitar 1 setengah jam dari rumah gue.

hari selanjutnya gue ketemu temen gue panggil aja sansan, dia anak cilacap juga, rumahnya sekitar beberapa km dari pertamina cilacap. kemudian gue tanya-tanya sama dia:

G:
"san, lu KP sama siapa?"

S:
"sama si mince" Mince ini orang cilacap juga satu sma sama si sansan

G:
"dimana san??"

S:
"Pertamina cilacap G.."

G:
"si mince ada orang dalem apa??"

S:
"iya ada, pamannya katanya kerja di pertamina cilacap.."
"Kamu sama siapa??"

G:
"gue  belum tau mau sama siapa, masih bingung.." tapi sebenernya gue lagi cari temen yang punya orang dalem tapi ga nemu-nemu, sekali ada dia udah sama temennya yang lain. kampret! haha

S:
"Itu si hus katanya di tawarin mau ikut ke pertamina apa engga sama si mince..."

G:
"serius lo??" dengan mata melotot berlinang air mata gue seneng karena temen satu kos gue ada yang nawarin buat ikut.

"Iya udah aku sama si hus aja deh, ntar coba aku hubungin.." gue langsung fix buat hubungin dia, dan dia lagi pulang kampung.

S:
"Iya serius, kata si mince kemarin tanya sama pamannya, buat peroide yang masih kosong itu maret-april, mei-juni.."

G:
"Iya udah ayo di urus sekarang mbok nanti udah penuh."

S:
"ya udah mending kamu ikut aku aja ke kampus, aku mau ketemu sama si mince mau ngomongin soal KP, dan sealian bikin surat KP"

G:
"Ok, aku ganti baju dulu" padahal belum mandi sama sekali dan asal pake baju yang ada di gantungan, berangkat engga pake kaos kaki, karena gue pengin cepet-cepet ngomong sama si mince. kelihaan banget kan niat gue buat KP di pertamina cilacap..

Kemudian sambil di jalan gue hubungin si hus buat jadi partner gue KP di pertamina, karena itu menurut gue sebuah peluang buat bisa KP di pertamina, karena si hus udah di ajak sama si mince buat KP bareng meskipun beda kelompok. gue mulai chat dia lewat line pake bahasa daerah gue cilacap "JAWA NGAPAK"

G:
"hus, kie kunci nang kamarku kuncimu apa? (ini kunci di mejaku kunci kamarmu apa?)" gue mulai percakapan, karena dia baru saja pulang kampung dan ga bilang sama gue mau nitip kunci ke gue dan kunci itu langsung ada di kamar gue.

H:
"Iya aku nitip kunci G.."

G:
"kepriwe KP? (Gimana KP?)"
"koe karo sapa (kamu sama siapa)"

H:
"aku mbuh karo sapa (aku ga tau sama siapa)"
"koe arep ngendi? (kamu mau kemana?)" mungkin maksudnya kamu mau KP dimana.

G:
"Ayuh PERTAMINA koh, jerene koe di ajak mince.. jajal takon nesih ana sing kosong apa ora (ayo di pertamina, katanya kamu di ajak mince, coba tanya masih ada yang kosong apa tidak)

H:
''Tapi aku pengin jajal pertokimia gresik, pupuk. iya jajal ngesuk takon mince.. (tapi aku pengin coba petrokimia gresik, pupuk. iya coba besok tanya mince)"

G:
"YOI.." pukul 10:00 kemudian dia ga bales lagi, mungkin lagi sibuk, kemudian gue di ajak sansan buat ngurus surat KP di kampus, dan sebelum ngurus surat KP dia bertemu dengan partnernya si mince dan gue ikut ketemu sama dia, jujur gue ga deket banget sama dia meskipun temen satu daerah.. kemudian si sansan ketemu sama si mince di luar kelas nomongin KP, dan gue sambil dengerin dia ngomong sama sansan.. dan beberapa saat kemudian si mince mau masuk kelas lagi karen apada waktu itu dia sedang ada jam kuliah. gue langsung bilang sama mince dengan muka melas memeohon belas kasihan:

G"mince, gmn? gue boleh ikut engga?"
M"iya ntr coba gue tanyain sama paman gue" dia langsung pergi kedalam kelas lagi.
G"Ok makasih mince.." lagi-lagi dengan muka melas..

"hus kepriwe? pertamina bae karo aku. aku lagi ngurus kie (hus gimana? pertamina aja sama aku. aku lagi ngurus nih)" gue coba line dia lagi jam tengah 11. (niat banget gue yah!) dan pada waktu itu gue lagi mau ngurus bikin surat KP di perkuliahan sama di sansan.

H:
"Ya jejel (ya coba)"

G:
"OK.."
"Buat periodenya aku arep pada karo sansan mei-juni (buat periodenya aku mau sama kayak sansan bual mei-juni)"

H:
"Pada bae (sama aja)"

G:
"YOI.."


Kemudian gue urus buat surat kp dari jurusan, yang udah di jelasin cara buatnya sama si nun pada cerita sebelumnya. gue fotokopi kertas permohonan buat kp, sama print surat 100 SKS.
Kemudian gue langsung ke ruang ketua jurusan buat minta tanda tangan bpk kajur yang terhormat, tapi nyampe di sana tidak ada bapak kajur kata sekretarisnya lagi ngajar, sampe jam 2 siang.

Kami menunggu sampe bapaknya keluar di depan ruangan kajur, senderan di tembok, berdiri, pergi ke wc. dan pada akhirnya gue berkumpul sama temen-temen gue yang mau ngurus kp yang mau minta ttd bapaknya. ada temen gue yang karena engga sabaran coba sms bapanya, kemudian ada yang ke petugas perkuliahan mau tanya kalo bapaknya ngajar di ruang berapa.

Karena gue udah cape nunggu dari tadi kayak orang bego ga ada kerjaan jadi gue diem aja, dan temen gue yang tanya ke petugas langsung pergi ke ruang bapaknya yang lagi ngajar, ada yang nunggu di depan kelas, kemudian ada yang masuk ke dalam kelas mau minta ttd, tapi di tolak dan bapaknya bilang "nanti aja mas di ruang kajur", karena bapaknya engga mau diganggu.
kemudian gue juga nunggu di depan ruangan bapaknya sama temen-temen lainnya, gue duduk di lantai, tiduran, pegang hp, ah udah kayak gembel banget pokoknya..

Karena sekarang udah jam 1 malem, gue udah mulai ngantuk, mata gue udah sepet.. jadi mohon maaf cerita gue potong dan pasti bakal gue lanjutin besok.

Cerita gue masih panjang, ini baru ngurus SK KP belum sampai jadi orang bego di kantor pertamina..

To be continued...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar